Etimologi Multimedia

Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll)

Faktor-faktor Produksi multimedia antara lain:

Media teks  

Menggunakan teks sebagai media dalam content production merupakan perkembangan manusia dari sejak pertama kali peradaban manusia yang di mulai dengan bentuk symbol kemudian berkembang dengan bentuk teks.

Media audio

Teknologi canggih, filter suara, echo . selain dengan menggunakan hardware saat ini banyak soft ware untuk mengolah suara menjadi file suara digital dalam berbagai format.

Dua aspek krusial untuk mempersiapkan file audio digital :

 1.Menyeleraskan kebutuhan kualitas suara dalam sumber daya RAM dan hardisk

2.Menyetel level recording yang sesuai untuk mendapatkan recording yang bersih dan bagus.

Media video

Video merupakan elemen multimedia yang dapat menggambarkan pesan yang ingin disampaikan melalui gambar, video digital merupakan  bagian penting dari multimedia yang paling memikat dan merupakan piranti powerfull yang membuat pengguna computer lebih dekat ke dunia nyata.

Beberapa pertimbangan untuk membuat produksi Video digital :

  • Komputer dengan koneksi fire Wire (IEEE 1394 atau iLink) dan kabel
  • Processor yang cepat
  • RAM yang besar kapasitasnya
  • Kapasitas hardisk harus besar
  • Tampilkan kedua kalinya untuk lebih memastikan perangkat lunak editing.
  • Mixer audio untuk mengatur output suara dari camcorder, Pem-bicara eksternal
  • Perangkat Lunak editing non linier (NLE)

 

Media animasi.

Animasi merupakan perubahan visual sepanjang waktu dan memberikan kekuatan besar pada pryoyek multimedia.

Teknik Animasi antara lain :

1.Identifikasi aktifitas yang akan ditampilkan, jika terlalu komplek dapat dibuat dengan skrips tertulis dengan daftar aktifitas dan obyek yang diperlukan

2.Buatlah storyboard untuk memvisualisasikan animasi

3.Pilih piranti animasi yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.

4.Kembangkan urutannya, meliputi penciptaan obyek, teksture permukaan, menambah cahaya, bereksperimen dengan effek cahaya, memposisikan kamera.

5.Melakukan rendering khusus dan menambah effek suara

Media grafis/ citra.

Produk content media grafis/ citra adalah identik dengan tampilan 2 dimensi bisa berbentuk gambar ataupun teks.

1.Grafis bersifat graf, bersifat huruf, dilambangkan dengan huruf.

2.Bersifat matematika, statistika, wujud titik-titik garis-garis atau bidang-bidang yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s