Resep Rahasia Pengobatan dari Dapur

1. Madu

Madu lebih manis ketimbang gula, dengan 65 kalori per sendok makan dibandingkan gula putih (48 kal), madu memiliki khasiat untuk kesehatan yang menakjubkan.

Berbagai kegunaan madu:

    Konstipasi/sembelit: Gula yang terkandung dalam satu sendok madu berfungsi sebagai laksatif alami pelancar buang air besar
    Luka akibat benda tajam: Kandungan gula yang tinggi pada madu membantu menyembuhkan luka, membuat bakteri sulit bertahan hidup dan berkembang biak. Sejumlah dokter bahkan percaya bahwa mengoleskan madu pada luka akan mempercepat penyembuhan.
    Sakit perut: mengonsumsi madu tampaknya ampuh mengurangi derita sakit perut. Tapi ingat, jangan berikan madu pada anak usia di bawah satu tahun tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

2. Mentega kacang

Mungkin memang tinggi sekali kalorinya, namun sebagian besar lemak pada mentega kacang baik untuk kita. Bahkan efektif mengobati gangguan kesehatan.

Cegukan:

    Ambil mentega kacang kira-kira satu sendok makan saat cegukan atau tersedak. Telanlah dengan menggunakan lidah perlahan. Dipercaya mentega kacang akan menenangkan diafragma.

3. Bawang putih

Rempah beraroma tajam ini merupakan antibiotik alami dan bahkan punya kemampuan afrodisiak.

Berbagai khasiat bawang putih:

    Kaki bau: Balur kaki dengan bawang putih mentah, pakai kau kaki katun, biarkan semalaman. Ulangi lagi sampai kondisi kaki membaik.
    Kolesterol tinggi: Konsumsi satu atau dua bungkul bawang putih untuk mengurangi produksi kolesterol oleh hati. Namun jika Anda mengonsumsi obat warfarin, jangan mengonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak.

4. Teh

Penikmat teh akan memiliki risiko rendah terkena serangan jantung, stroke, kanker bahkan kerusakan gigi.

Khasiat teh antara lain:

    Terbakar matahari: Teh mengandung pelembab yang mengurangi peradangan. Aplikasikan kantong teh celup dingin pada area yang terbakar matahari selama 20 menit untuk membantu mencegah kulit melepuh serta meredakan rasa sakit
    Sariawan: Aplikasikan kantong teh celup seperti mengompres di bagian yang luka selama beberapa menit untuk mengurangi pedihnya luka.

5. Pisang

Kaya dengan serat dan potasium yang bersahabat bagi jantung, pisang juga ‘obat’ dari dapur yang multiguna untuk meredakan luka dan penyakit ringan.

Manfaat pisang sebagai terapi alternatif:

    Splinters: Hancurkan pisang, kemudian balurkan pada otot yang keseleo, tutup dengan plester. Biarkan semalaman. Lulur pisang akan membantu mengendurkan otot yang tegang.
    Mata kering: Makan pisang setiap hari untuk membantu meredakan keluhan mata kering. Kandungan potasiumnya membantu mengendalikan keluarnya aliran pada sel-sel tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s