Nutrisi

Sumber nutrisi dari berbagai jenis dapat ditemukan dalam Dietary Guidelines for Americans – Panduan Diet Amerika. Klik pada nama nutrisinya untuk menemukan tabel makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Kebanyakan buah dan sayuran secara alami memiliki kandungan lemak, sodium dan kalori yang rendah. Tidak ada buah dan sayuran yang mengandung kolesterol. (Saus dan bumbu penyedap bisa menambah lemak, kalori atau kolesterol).

Buah dan sayuran adalah sumber berbagai nutrisi penting, seperti pot potassium, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E dan folat (asam folat).

Menu yang mengandung potassium tinggi dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Buah yang menjadi sumber potassium adalah pisang, buah atau jus prun, buah peach dan apricot kering, cantaloupe (melon yang dagingnya berwarna orange), melon yang dagingnya berwarna hijau/kuning muda, dan jus jeruk. Sayuran yang menjadi sumber potassium adalah kentang, produk tomat (pasta, saus dan jus), bit, kacang hijau, lima bean, winter squash, bayam, lentil, kidney bean, dan split peas.

Menu berserat dari buah dan sayuran, sebagai bagian dari menu sehat, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Serat sangat penting untuk menjaga agar dapat buang air besar secara teratur. Serat dapat membantu mengurasi konstipasi dan divertikula (timbulnya kantong pada dinding usus). Makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan akan membuat perut terasa kenyang dengan hanya memakan sedikit kalori. Buah dalam bentuk utuh merupakan menu bersumber serat tinggi; sedangkan jus buah hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung serat sama sekali.

Vitamin A menjaga kesehatan mata dan kulit juga membantu mencegah terjadinya infeksi

Vitamin C penting untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh, membantu menyembuhkan luka potong dan luka gores, dan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu penyerapan zat besi.

Vitamin E membantu melindungi vitamin A dan asam lemak esensial dari oksidasi sel.

Folat (asam folat) membantu tubuh membentuk sel darah merah. Wanita yang sudah cukup umur untuk hamil dan wanita yang sedang dalam trimestes pertama kehamilan harus mengkonsumsi folat dalam jumlah yang cukup, termasuk juga asam folat yang berasal dari makanan atau suplemen yang telah dikuatkan. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya kelainan pada susunan syarag, spina bifida (adanya celah pada tulang belakang), dan anencephaly pada perkembangan fetus.

One thought on “Nutrisi

  1. bagus bgt lo artikelnya, andai smua orang mengerti kalo tubuh ini pinjaman dari Allah_ tentu akan brusaha untuk mengetahui makanan yg bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya, ya ga ? kita tukeran soal kesehatan yo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s