Apa sih artinya Puber?

Puber adalah masa dimana tubuh kamu mulai berkembang dan berubah. Puber menandai masa peralihan dari anak menjadi dewasa. Jadi, ini pasti merupakan saat yang kamu tunggu-tunggu kan?

Pada masa puber, terjadi berbagai perubahan. Bentuk tubuh kamu berubah dengan cepat, bahkan suara kamu pun juga berubah. Masa ini memang merupakan masa perubahan paling cepat yang terjadi pada diri kamu. Tentu saja masih kalah cepat dibanding dengan perubahan saat kamu masih bayi lho.

Supaya kamu tidak kaget, ada baiknya kamu ikuti aja obrolan kita berikut ini. Nah, selanjutnya dengan modal ini, kamu tanya deh sama ortu kamu mengenai masalah pubertas. Dengan begitu pembicaraan bisa lebih asik kan.

Masa Pubertas
Dalam keadaan normal, setiap orang pasti akan atau pernah mengalami masa pubertas, baik laki maupun perempuan. Hanya saja perubahan yang terjadi memang cukup berbeda.

Perbedaan yang terjadi mulai dari saat terjadinya pubertas sampai apa yang terjadi pada masa pubertas tersebut.

Pada wanita pubertas umumnya terjadi antara usia 9 dan 12 tahun, sedangkan pada pria pubertas terjadi pada usia yang lebih tua, antara 9 dan 14 tahun. Tentu saja batasan usia ini belum tentu tepat benar. Bisa saja seorang anak wanita telah mengalami pubertas pada usia 8 tahun, dan ini bukan berarti ia tidak normal.

Pada wanita, pubertas juga ditandai dengan datangnya mens untuk pertama kalinya. Mens pertama ini dikenal dengan istilah menarche.

Faktor hormonal
Tentu kamu bertanya, kenapa sih saya bisa berubah dewasa. Nah, jawabnya terletak pada suatu faktor yang disebut faktor hormonal. Hormon yang membuat bentuk tubuh dan suara kamu berubah. Hormon pula yang menjadikan kamu bukan anak-anak lagi.

Ketika tiba waktunya bagimu untuk menjadi dewasa, sebuah hormon yang disebut hormon pelepas gonadotropin (Gonadotropin-releasing hormone/GnRH) akan dikeluarkan oleh sebuah kelenjar di bagian otak. GnRH akan merangsang kelenjar lain, yaitu kelenjar pituitaria, untuk melepaskan 2 jenis hormon lain: luteinizing hormon (LH) dan hormon perangsang folikel (follicle-stimulating hormone/FSH).

Siapa sih yang punya hormon-hormon tersebut? Cewek apa cowok? Jawabnya siapa pun punya. Cuma, hormon-hormon tersebut akan menghasilkan kerja yang berbeda bagi cewek dan cowok.

FSH dan LH buat cewek
Buat kaum cewek, FSH dan LH akan mempengaruhi indung telur (ovarium) untuk mulai membuat hormon lain yaitu estrogen. FSH, LH dan estrogen bersama-sama terlibat dalam siklus menstruasi dan sekaligus membuat kamu-suatu saat nanti-bisa mengandung dan mempunyai anak.

FSH dan LH buat cowok
Buat kaum cowok, FSH dan LH akan mempengaruhi buah zakar (testis) untuk mulai membuat testosteron dan sperma. Testosteron kamu butuhkan agar tubuhmu berubah menjadi dewasa dan sperma tentu saja diperlukan agar-suatu saat nanti-kamu bisa mempunyai anak.

Selamat tinggal dunia anak
Maka ucapkan selamat tinggal pada dunia anak yang penuh kegembiraan dan keceriaan karena dunia remaja pun tidak kalah warna. Mari kita jelang dunia remaja dengan penuh ceria dan kita kenang dunia anak dengan penuh suka cita.

sumber=www.info-sehat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s