Bisnis Modal Dengkul

Bisnis Modal Dengkul

Sababat pernah putus asa ?. Sahabat punya kesulitan yang harus diatasi dengan susah payah ? . Jika sudah berusaha dan mengalami kegagalan dan gagal lagi, atau sahabat merasa terhalang oleh penyakit cacat tubuh atau gangguan fisik lainnya. Ada baiknya kita berguru kepada Napoleon Hill yang mampu mengubah si bocah cacat bisu tuli, menjadi orang yang sukses menjadi pengusaha. Melalui motivasinya yang luar biasa dalam buku Think and Grow Rich, sehingga menjadikan air di tengah gurun saat sahabat berputus asa dalam memulai atau saat menjalankan bisnis anda.

Tidak sedikit dalam karir saya sebagai konsultan bisnis mendengar keluhan dan pertanyaan dari para kolega dan peserta seminar bisnis, kebanyakan mengatakan bahwa berbisnis itu identik dengan uang. Ini semua adalah kesalahan terbesar seseorang ketika memandang uang sebagai permasalahan besar. Betul, bahwa uang itu akan mempercepat proses bisnis, Hal itu tidak dapat dipungkiri, tetapi dari beberapa literatur yang saya baca dari studi bisnis yang saya ikuti, tidak pernah suatu katapun yang menyatakan bahwa bisnis harus dimulai dengan uang.

Kalau kita perhatikan betapa hebatnya Napoleon Hill memotivasi puteranya yang bisu, tuli hingga mampu menjadi seorang yang sukses dalam bisnis alat bantu pendengaran, dan sebelumnya dengan kemampuan dan kreativitasnya Napoleon menemukan cara mentransformasikan suara melalui alat perambat yang dihubungkan ketelinga puteranya, yang akhirnya ia bisa mendengar dengan susah payah ia melatih puteranya untuk belajar bicara dan berhasil. Sejak berhasil mengantarkan puteranya ke puncak kesuksesan, Hill akhirnya menjadi konsultan untuk memotivasi pemuda dan pemudi Amerika yang berputus asa yang menginginkan sukses di puncak karir mereka, kunci yang diberikannya adalah kemampuan membangkitkan kepercayaan diri yang penuh dan tidak mudah putus asa.

Sahabat Tahukah dibelakang kesuksesan para pengusaha adalah bagaimana ia berfikir keras dan motivasi dirinya tanpa batas, dan yakinlah bahwa dengan uang saja tidak menjamin seseorang menjadi pebisnis sukses.

Jadi apa yang dimaksud dengan sukses bisnis dengan modal dengkul ?. Yang dimaksud dengan modal dengkul disini adalah kesuksesan seseorang dalam memulai bisnis hanya bermodalkan fasilitas seadanya, sangat minim, bahkan mungkin sama sekali tidak mengeluarkan modal dalam arti uang tunai, tetapi ia banyak menggunakan pemikiran kreativitasnya dan kemauan keras. Sehingga mendapatkan gagasan yang luar biasa untuk memulai atau mengembangkan bisnisnya. Dalam berbagai kesempatan saya sering mengatakan bahwa sedikitnya ada lima syarat wajib dan satu sarat tambahan untuk memulai bisnis yang disingkat menjadi KERISKU.

Pertama adalah KEberanian menghadapi resiko, hal ini bersifat sangat personal yang betul-betul datang pada diri seseorang (internal). Seorang pebisnis yang akan memulai bisnis harus mengetahui dan memahami, jika dirinya memasuki suatu arena bisnis maka ia akan menghadapi resiko kegagalan dan resiko kesuksesan karena kesuksesan bisa berubah menjadi mala petaka apabila seorang pebisnis tidak bisa memenej dengan baik usahanya . Pada kenyataannya tidak banyak diantara kita yang siap menghadapi kerugian, tetapi menghadapi keberhasilan rasanya setiap orang sangat siap, bahkan hal ini merupakan dambaan dan cita-cita setiap orang. Oleh karena itu dalam ilmu bisnis dikenal resiko moderat, yaitu suatu resiko yang diminimalisir. Meminimalisir dengan cara Bussiness Plan atau dengan bahasa lain Feasibility Studies atau studi kelayakan bisnis. Bahkan kesuksesan Bill Gate, dalam membangun kerajaan bisnisnya di Amerika, dalam suatu interview di suatu station televisi disebutkan karena Bill cepat mengambil keputusan untuk memulai bisnis sedini mungkin sebelum orang lain memulainya.

Dalam Konteks Islam yang luar biasa adalah bekerja atau berwirausaha, dapat menghapus sebagian dosa dosa kita. “Sesungguhnya ada sebagian dosa yang tidak terhapus oleh ibadah shaum atau shalat. Ditanya kepada beliau “ Apa yang dapat menghapusnya ya Rasulullah” Jawab Rasulullah “ Bekerja mencari nafkah penghidupan” (H.R Abu Nuaim).

Kedua adalah Relasi. Mungkin saja keberanian sudah cukup bagi mereka yang mempunyai kapital atau modal. Tetapi seorang pebisnis sangat memerlukan jaringan atau Networking yang sering disebut sebagai Relasi. Bahkan Rasulullah SAW menyarankan janganlah diantara kaum muslim memutuskan tali silaturahmi. Banyak pemula usaha sukses menjalankan bisnis karena ia mempunyai relasi yang cukup kuat, dan dapat dipercayai untuk bersandar pada kekuatan networking. Misalnya karena anda bersahabat dengan pengusaha sepatu dan dengan kepercayaan itu anda dapat menjajakan dan berbisnis sepatu, tanpa harus membeli terlebih dahulu.

Ketiga adalah Ilmu Pengetahuan yang sangat luar biasa menjadi kekuatan besar abad modern ini. Rasulullah saw bersabda “Tuntutlah Ilmu sekalipun ke negeri China” Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Adi dan Baihaqi dalam kitab al Madkhal Asy Sya’ab dari Anas ra. Dalam hadits yang lain diriwayatkan Rasulullah SAW bersabda “ Menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap muslim” (HR.Ibnu Adi dan Baihaqi). Dengan ilmu pengetahuan mantap dan mumpuni, seseorang dapat melakukan kongsi dengan mereka yang mempunyai keuangan yang kuat untuk membentuk usaha yang baik dan sehat. Di negara yang sudah maju, banyak Joint Venture yaitu menyatukan mereka yang mempunyai ilmu pengetahuan dengan mereka yang mempunyai kapital tinggi. Pawang Ular misalnya, dengan hanya berbekal memiliki kemampuan menaklukan ular dia dapat menghibur orang lewat permainan sirkus bahkan bisa menjual ular berbisa pada mereka yang membutuhkannya, atau contoh lain, apabila sahabat dapat berbahasa Inggris, anda dapat membuka kursus dan privat bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Keempat, Sabar, sikap ini sangat diperlukan setiap orang. Karena untuk memulai usaha, seseorang harus menghadaapi resiko kegagalan , dan iniyang sering menghantui setiap manusia. Bagi seorang pebisnis yang handal, kegagalan tidak menjadikannya mundur untuk mengurungkan usahanya, tetapi menjadikannya sebagai hikmah untuk maju tanpa menyerah dengan penuh kesabaran, maju dan maju untuk tetap memulai walaupun resiko tetap akan menghadang, walaupun usahanya berjalan tertatih tatih. Thomas A. Edison, dengan penuh kesabaran membuat lampu pijar dengan uji coba benang wallframe, hingga memetik hasilnya, sampai detik ini kita semua dapat merasakannya. Untuk memotivasi kita ada sebuah peribahasa yang mengatakan, orang yang sabar pasti menang.

Kelima adalah Kreatifitas, sikap ini sangat diperlukan bagi para enterpreneur dengan pemikiran yang kreatif akan dilahirkan sebuah produk dan jasa yang sangar inovatif, sehingga akan memuluskan usahanya kelak, juga menambah daya tarik para konsumen. Tidak sedikit mereka yang sukses dalam berbisnis dan mengembangkan usahanya atas dasar kemampuan otak kanannya alias mengembangkan kreatifitasnya secara lateral, walaupun sering ditertawakan orang. Karena kreatifitas dan Inovasi cenderung aneh alias nyeleneh. Ingat para pembuat permen coklat yang tidak coklat lagi warnanya, sehingga sangat digemari anak anak dan sukses dipasaran. Mengapa anda tidak membuat kacamata tanpa bingkai?

Imam al Ghazali pernah berkata “Apabila ilmu dan karya karya (kreatifitas) yang dimiliki non muslim lebih baik dan lebih utama daripada yang dimiliki kaum muslim, kaum muslim berdosa dan kelak akan dituntuk akan kelalaiannya”. Dari kalimat Al Ghazali tersebut, kaum muslim dituntut berkreatifitas sehingga mampu menghasilkan inovasi.

Keenam adalah tambahan atau sunnah, yaitu Uang kontan, yang hanya akan mempercepat proses bisnis, atau akselerasi bisnis seseorang. Sebaliknya dengan uang yang melimpah tanpa keberanian menghadapi resiko, untuk menghadapi bisnis maka jangan pernah bermimpi menjadi pebisnis. Karenanya Rasulullah SAW sangat menghargai orang yang giat bekerja dan mempunyai etos kerja yang tinggi. Rasulullah dalam suatru riwayat dikabarkan mencium tangan sahabat Saad bin Muadz tatkala melihat tangan Saad yang sangat kasar karena bekerja keras, beliau berkata “Inilah dua tangan yang dicintai Allah ta’ala”.

Kata kunci berbisnis dengan modal dengkul adalah, berani memulai bisnis dengan kerja keras penuh kesabaran dan kreatifitas tinggi sambil mengumpulkan relasi atau Network. Selamat Mencoba. Wallahu Alam.

from cybermq

One thought on “Bisnis Modal Dengkul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s